Selasa, 18 Oktober 2011

Mengenal tentang Micromedia Flash Player

FLASH

DEFINISI:
Teknologi multimedia yang dikembangkan oleh Macromedia untuk memungkinkan banyak interaktivitas untuk menyesuaikan dalam waktu yang relatif kecil ukuran file. Teknologi multimedia yang dikembangkan oleh Macromedia memungkinkan untuk interaktivitas banyak waktu untuk menyesuaikan dalam ukuran yang kecil pada file.

IFORMASI:
Penggunaan yang tepat Flash telah menjadi topik yang hangat diperdebatkan antara kaya dan penginjil dengan kegunaan dan aksesibilitas. Jakob Nielsen usability guru melemparkan tantangan dengan sebuah artikel berjudul, “Flash: 99 Buruk.” Macromedia sejak itu telah menambah daya Sumber yang berkaitan dengan kegunaan dan Aksesibilitas. Flash penginjil buruk berpendapat bahwa desainer harus disalahkan atas ekses-ekses, bukan teknologi. Flash penginjil berpendapat Bahwa desainer harus disalahkan Buruk ekses-ekses atas, bukan teknologi.
Flash dapat digunakan untuk membuat seluruh “situs Flash” atau untuk menambahkan elemen interaktif ke situs HTML standar. Flash-hanya beberapa situs yang didampingi oleh non-Flash situs dalam upaya untuk memenuhi khalayak yang lebih luas. Flash-Hanya Beberapa situs yang fasih oleh situs non-Flash dalam Upaya untuk Memenuhi khalayak yang lebih Luas.
Teknologi flash juga dapat Digunakan pada undian & interaktive banner iklan. Penggunaan lebar-format media yang kaya iklan di CNET telah Tertarik banyak perhatian, sedikit lebih kontroversi, dan mungkin sinyal kecenderungan terhadap besar, kaya mencari iklan dengan penerbit untuk menambahkan penempatan BPT premium. Penggunaan besar-format media yang kaya iklan di Menarik CNET telah banyak perhatian, ditambahi Sedik Kontroverse, dan kecenderungan Terhadap Sinyal Mungkin besar, kaya dengan penerbit untuk mencari iklan BPT Penempatan Menambahkan premi.
SEJARAH MACROMEDIA FLASH
Para pendahulu aplikasi Flash SmartSketch, aplikasi gambar pena komputer untuk menjalankan OS PenPoint dikembangkan oleh Jonathan Gay, yang mulai bekerja di dalam perguruan tinggi dan memperluas ide untuk Silicon Beach Software dan penerusnya.
Ketika gagal di pasar, port ke SmartSketch adalah Microsoft Windows dan Mac OS. Dengan internet menjadi lebih populer, dirilis ulang SmartSketch Sebagai FutureSplash, sebuah web berbasis animasi vektor dalam persaingan dengan Macromedia Shockwave. Pada tahun 1995, SmartSketch Selanjutnya dimodifikasi dengan frame-by frame animasi fitur dan kembali dirilis sebagai FutureSplash Animator pada banyak platform. Produk ini ditawarkan kepada Adobe dan digunakan oleh Microsoft pada awal bekerja dengan Internet (MSN). Pada tahun 1996, FutureSplash diakuisisi oleh Macromedia dan dirilis sebagai Flash, kontraktor “Masa Depan” dan “Splash”.
Perilisan Deskripsinya
  • FutureSplash Animator pada tahun 1996 Flash versi awal dengan perangkat pengeditan dasar dan garis waktu dengan Flash versi awal Perangkat pengeditan dasar dan garis waktu.
  • Macromedia Flash 1 pada tahun 1996 sebuah Macromedia ulang versi bermerek FutureSplash Animator Macromedia kembali sebuah versi bermerek FutureSplash Animator.
  • Macromedia Flash 2 pada tahun 1997 Diluncurkan dengan Flash Player 2, fitur baru meliputi: objek perpustakaan Dirilis dengan Flash Player 2, fitur baru meliputi: objek perpustakaan.
  • Macromedia Flash 3 pada thun 1998 Released with Flash Player 3, new features included: the movieclip element, JavaScript plug-in integration, transparency and an external stand alone player Dirilis dengan Flash Player 3, fitur-fitur baru meliputi: movieklip elemen, JavaScript plug-in integrasi, transparansi dan berdiri sendiri eksternal player.
  • Macromedia Flash 4 pada tahun 1999 Diluncurkan dengan Flash Player 4, fitur baru meliputi: variabel internal, sebuah field input, maju ActionScript, dan streaming Dirilis dengan Flash MP3 Player 4, fitur baru termasuk: internal variabel, lapangan sebuah masukan, maju ActionScript, dan streaming MP3.
  • Macromedia Flash 5 pada tahun 2000 Diluncurkan dengan Flash Player 5, fitur-fitur baru termasuk: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, sehingga sangat mirip dengan JavaScript di sintaks), dukungan XML, Smartclips (pendahulu untuk komponen dalam Flash), pemformatan teks HTML ditambahkan untuk Dirilis teks dinamis dengan Flash Player 5, fitur-fitur baru termasuk: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, Sehingga sangat mirip dengan sintaks di JavaScript), XML Dukungan, Smartclips (pendahulu untuk komponen dalam Flash), teks format HTML ditambahkan teks dinamis.
  • Macromedia Flash MX pada tahun 2002 Diluncurkan dengan Flash Player 6, fitur baru termasuk: sebuah video codec (Sorenson Spark), Unicode, v1 UI Components, kompresi, ActionScript API Dirilis gambar vektor dengan Flash Player 6, fitur baru termasuk: sebuah video codec (Sorenson Spark), Unicode, v1 UI Components, kompresi, ActionScript gambar vektor API.
Dirilis dengan Flash Player 7, fitur baru termasuk: Actionscript 2.0 (yang memungkinkan sebuah pemrograman berorientasi obyek model untuk Flash, meskipun tidak memiliki fungsi membantu Script versi lain, yang berarti Actionscript hanya bisa mengetik secara manual), perilaku, Extensibility lapisan ( JSAPI), alias dukungan teks, efek timeline. Dirilis dengan Flash Player 7, fitur baru termasuk: Actionscript 2.0 (yang memungkinkan sebuah obyek Berorientasi model pemrograman untuk Flash, walaupun tidak memiliki fungsi membantu Script versi lain, yang berarti Actionscript hanya bisa mengetik secara manual), perilaku, Ekstensibilitas lapisan (JSAPI), Dukungan alias teks, efek timeline.
  • Macromedia Flash MX Profesional 2004 di ikeluarkan pada tahun 2003 meliputi semua fitur Flash MX 2004, ditambah: Screens (bentuk-bentuk non-linear dan pembangunan negara berdasar slide untuk Mengatur Konten dalam format PowerPoint seperti slide linier), Integrasi layanan web, video impor Penyihir, Media Playback komponen ( merangkum MP3 yang lengkap dan / atau FLV player di sebuah komponen yang dapat ditempatkan dalam sebuah SWF), Data komponen (DataSet, XMLConnector, WebServicesConnector, XUpdateResolver, dll) dan Mengikat data API, Project Panel, v2 UI komponen, dan perpustakaan kelas Transisi.
  • Macro media Flas 8 dikeluarkan pada tahun 2005 Macromedia Flash Basic 8, yang kurang kaya fitur versi Flash authoring tool yang ditargetkan pada pengguna baru yang hanya ingin Melakukan Menggambar dasar, animasi dan interaktivitas. Dirilis dengan Flash Player 8, versi ini memiliki keterbatasan produk dukungan untuk video dan lanjutan efek grafis dan animasi. Dirilis dengan Flash Player 8, versi ini memiliki keterbatasan produk Dukungan untuk video dan lanjutan efek grafis dan animasi. Macromedia Flash Professional 8 fitur yang ditambahkan terfokus pada ekspresif, kualitas, video, dan mobile authoring. Macromedia Flash Professional 8.
  • Adobe flash profesional CS3 Profesional di keluarkan pada tahun 2007 , Flash CS3 adalah versi pertama dirilis dibawah nama Flash Adobe. Fitur CS3 dukungan penuh untuk ActionScript 3.0, memungkinkan seluruh aplikasi untuk dikonversi menjadi ActionScript, lebih baik menambahkan integrasi dengan produk Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop, dan juga menyediakan gambar vektor lebih baik perilaku, menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan Adobe Fireworks. CS3 Fitur Dukungan penuh untuk ActionScript 3.0, memungkinkan seluruh aplikasi untuk dikonversi menjadi ActionScript, lebih baik Menambahkan Integrasi Adobe dengan produk lainnya seperti Adobe Photoshop, dan juga menyediakan gambar Vector perilaku yang lebih baik, menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan Adobe Fireworks.
  • Adobe Flash Profesional cs4 dikeluarkan pada tahun 2008 , Berisi invers kinematika (tulang), dasar Manipulasi objek 3D, objek berbasis animasi, teks mesin, dan Perluasan lebih lanjut untuk ActionScript 3.0. CS4 memungkinkan pengembang untuk membuat animasi dengan banyak fitur yang tidak ada dalam versi sebelumnya. CS4 memungkinkan pengembang untuk membuat animasi dengan banyak fitur yang tidak ada dalam versi sebelumnya.
  • Adobe Flash CS5 profesional akan dirilis pada tahun 2005.
Tools yang ada di MACROMEDIA FLASH
1.Arrow tool / Selection Tool, digunakan untuk memilih suatu obyek atau untuk memindahkannya.
2. Subselection tool, digunakan untuk merubah suatu obyek dengan edit.
3. Line tool, digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
4. Lasso tool, digunakan untuk memilih sebagian atau bagian tertentu di obyek
yang akan diedit.
5. Pen tool, digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu obyek
dengan menggunakan edit points (lebih teliti & akurat).
6. Text tool, digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
7. Oval tool, digunakan untuk menggambar sebuah lingkaran.
8. Rectangle tool, digunakan untuk menggambar sebuah segiempat.
9. Pencil tool, digunakan untuk menggambar sebuah obyek sesuai dengan yang
Anda sukai. Tetapi setiap bentuk yang Anda buat akan diformat oleh Flash MX
menjadi bentuk sempurna.
10. Brush tool, fungsinya sama dengan Pencil tool. Tetapi brush tool ini bentuk
garisnya dapat dirubah sesuai denan keinginan kita.
11. Free transform tool, digunakan untuk memutar (rotate) obyek yang Anda buat
atau mengubah bentuk obyek menjadi bentuk lain.
12. Fill transform tool, dipergunakan untuk pengaturan warna terang.
13. Ink bottle tool, dipergunakan untuk memberi warna garis tepi obyek.
14. Paint bucket tool, dipergunakan untuk memberi warna dasar obyek.
15. Eyedropper tool, dipergunakan untuk mengidentifikasi warga atau garis dalam
obyek.
16. Erase tool, digunakan untuk menghapus obyek yang Anda bentuk.
17. Zoom tool, digunakan untuk memperbesar tampilan obyek pada stage.
18. Hand tool, digunakan untuk menggerakkan suatu tampilan obyek pada stage tanpa
merubah posisi obyek tersebut pada stage.
19. Stroke Color, digunakan untuk memberi warna pada garis atau border objek.
20. Fill Color, digunakan untuk memberi warna pada objek.
21. Swap Colors, digunakan untukmenukar warna objek (Fill Color) dengan
warna border /garis (Stroke Color)
22. Black and White, digunakan untuk memberi warna objek dan warna border /
garis dengan warna putih hitam.
EXTESION MACRO MEDIA FLASH
  • SWF :swf file tersebut selesai, Diterbitkan dikompilasi dan file yang tidak dapat diedit dengan Adobe Flash. Namun, banyak ‘. Swf decompilers’ memang ada. Namun, banyak ‘. Swf decompilers ‘memang ada. Berusaha untuk mengimpor. Swf file menggunakan Flash memungkinkan untuk mengambil beberapa aset dari. Swf, tapi tidak semua. Berusaha untuk mengimpor. Menggunakan file swf Flash memungkinkan untuk banteng Beberapa dari aset. Swf, tapi tidak semua.
  • FXG ;Bersatu FXG xml adalah file format yang dikembangkan oleh Adobe untuk Flex, Flash, Photoshop dan aplikasi lainnya.
  • FLA :fla file berisi bahan sumber untuk aplikasi Flash. Flash authoring software dapat mengedit file FLA dan kompilasi dukungan tersebut ke dalam. Swf file. Flash authoring software dapat Mengedit file FLA dan Dukungan kompilasi tersebut ke dalam. Swf file. Sumber Flash format file saat ini format file biner didasarkan pada senyawa Microsoft format file. Sumber file format Flash saat ini file format Biner senyawa berdasarkan format file Microsoft.
  • RAMI ; adalah versi yang berbasis xml. fla awalnya dijadwalkan akan dirilis di CS4 tetapi sekarang disebabkan di CS5. Itu dasarnya merupakan file zip yang berisi sebuah file xml untuk menggambarkan isi dan folder untuk aset. Merupakan dasarnya itu file zip yang berisi sebuah file xml untuk menggambarkan isi dan folder untuk aset. Hal ini akan memungkinkan untuk mengedit Perpustakaan item tanpa membuka Flash authoring dan karena itu tidak biner tidak akan lagi menyebabkan konflik ketika berkomitmen untuk sistem kontrol versi. Hal ini akan memungkinkan untuk Mengedit Membuka Perpustakaan konten tanpa Flash authoring dan karena itu tidak Biner tidak akan lagi menyebabkan konflik Ketika berkomitmen untuk sistem kontrol versi.
  • XFL :File XFL proyek berbasis file XML yang Setara dengan Biner. fla format. Flash authoring software menggunakan XFL sebagai format pertukaran Flash CS4. Menggunakan perangkat lunak authoring Flash XFL Sebagai Pertukaran format Flash CS4. Itu XFL impor file yang diekspor dari InDesign dan efek samping. Itu XFL berkas impor yang diekspor dari InDesign dan efek samping.
  • MXML : file mxml yang Digunakan bersama-sama dengan file ActionScript (Dan. css file), dan menawarkan sebuah gaya sintaks bahasa markup (HTML seperti yang) untuk merancang GUI dalam Flex. Setiap file MXML menciptakan sebuah kelas baru yang memperluas kelas root tag, dan menambahkan tag yang bersarang, sebagai anak-anak (jika mereka adalah keturunan dari UIComponent) atau anggota kelas. Setiap file MXML Menciptakan sebuah kelas baru yang akar kelas Memperluas tag, dan Menambahkan tag yang bersarang, seperti anak-anak (jika mereka adalah keturunan dari UIComponent) atau anggota kelas.
  • SWD :File SWD debug file sementara yang Digunakan selama pengembangan Flash. Setelah selesai mengembangkan sebuah proyek Flash file-file ini tidak diperlukan dan dapat dihilangkan. Setelah selesai mengembangkan sebuah proyek Flash file-file ini tidak diperlukan dan dapat dihilangkan.
  • ACC :acc file berisi Server-Side ActionScript, yang Digunakan untuk mengembangkan efisien dan fleksibel client-server Macromedia Flash Communication Server MX aplikasi.
  • ABC :file abc berisi bytecode actionscript yang Digunakan oleh AVM Actionscript Virtual Machine (Flash 8 dan sebelumnya), dan AVM2 (Flash 9 atau yang lebih baru).
  • FLV :file flv file video Flash, Sebagai yang diciptakan oleh Adobe Flash, ffmpeg, Sorenson Squeeze, atau On2 Flix. Audio dan video FLV data dalam diencode dalam cara yang sama ketika mereka berada dalam file SWF. Audio dan video diencode dalam data FLV dalam cara yang sama Ketika mereka berada dalam file SWF.
  • F4V :f4v file yang mirip dengan file MP4 dan dapat diputar ulang oleh Flash Player 9 Update 3 dan di atas. Format file F4V wadah kedua format untuk video Flash dan berbeda dari format file FLV. File format format F4V wadah kedua untuk video Flash dan Berbeda dari file format FLV. Hal ini didasarkan pada basis ISO format file media. Hal ini didasarkan pada dasar ISO format file media.
  • F4p :file f4p file F4V dengan manajemen hak digital.
  • F4a :file yang di gunakan untuk stream audio.
  • F4b :f4b file F4V buku audio file
  • SWC : File SWC yang Digunakan untuk mendistribusikan komponen; mereka berisi Klip dikompilasi, komponen’s ActionScript file kelas, dan file lain yang menggambarkan komponen.
  • Jstfl :Jstfl file yang digunakan untuk menambah fungsionalitas di Authoring Flash lingkungan; mereka berisi kode JavaScript dan mengakses Flash JavaScript AP.
  • SWT : Swt di gunakan untuk macromedia GENERATOR.
  • FLP :flp file file XML yang Digunakan untuk referensi file semua dokumen yang Terdapat dalam Flash Project. Proyek flash memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan beberapa, file terkait bersama-sama untuk membantu dalam proyek Flash organisasi, kompilasi dan membangun. Proyek kilat memungkinkan pengguna untuk mengelompokkan Beberapa, file terkait bersama-sama untuk membantu dalam proyek Flash organisasi, kompilasi dan membangun.
  • SPL ;file future splash dokumen.
  • Aso : file cache file aso selama pengembangan Digunakan Flash, ActionScript byte berisi kode dikompilasi. Sebuah file ASO diciptakan kembali bila ada perubahan pada file kelas yang terkait terdeteksi. Sebuah file ASO diciptakan kembali bila ada perubahan pada file kelas yang terkait terdeteksi. Flash IDE Kadang-kadang tidak mengenali bahwa mengkompilasi ulang diperlukan, dan file cache ini harus dihapus secara manual. Flash IDE Kadang-kadang tidak mengenali Bahwa mengkompilasi ulang diperlukan, dan file cache ini harus dihapus secara manual. Mereka berada di% USERPROFILE% \ Local Settings \ Application Data \ Macromedia \ Flash8 \ en \ Configuration \ Classes \ aso di Win32 / Flash8. Mereka berada di% USERPROFILE% \ Local Settings \ Application Data \ Macromedia \ Flash8 \ en \ Configuration \ Classes \ aso di Win32 / Flash8 .
  • SOL : sol file yang diciptakan oleh Adobe Flash Player untuk mengadakan Lokal Shared Objects (data yang Tersimpan pada sistem Pemutar Menjalankan Flash).
Alasan Mengapa Flash bagus
Flash identik dengan ramping, streamline, cepat. Bahkan di versi 5 pun—versi terbaru Macromedia Flash saat ini—ukuran plugin Flash hanya sekitar 300K! (Yang berarti di koneksi modem 56k cukup dibutuhkan kurang dari 1 menit untuk mendownloadnya jika browser belum memiliki plugin Flash). Ukuran ini sudah mencakup rendering engine, MP3 decoder (Flash menyertakan suara animasi dalam bentuk MP3), ActionScript interpreter (ActionScript adalah bahasa skripting di Flash), dan segala macam hal lainnya. Bandingkan dengan plugin Shockwave—plugin untuk menampilkan animasi hasil Director, salah satu produk Macromedia lainnya—berukuran lebih dari 3MB. Plugin SVG Adobe pun hampir mencapai 3MB. Kecilnya ukuran plugin menjadi salah satu faktor pendorong mengapa Flash begitu mahahadir di berbagai browser. Tidak semua orang rela atau cukup sabar menghabiskan waktu mendownload plugin berukuran bongsor. Menjaga ukuran plugin tetap kecil juga merupakan salah satu constraint utama tim engineering Flash. Karena itu tidak semua fitur Director misalnya dimiliki Flash. Bertambahnya fitur-fitur lanjut dapat membengkakkan ukuran plugin, dan ini tidak dikehendaki.
Bukan dalam hal ukuran plugin saja Flash ramping. Flash terutama dikenal karena ukuran file animasinya (berekstensi .swf) amat kecil. Dapat dimengerti, .swf adalah format animasi vektor, bukan bitmap. Hanya butuh beberapa informasi titik kontrol/instruksi penggambaran dan bukan piksel gambar. Selain itu, animasi Flash bersifat streaming. Artinya, begitu sekian byte data awal file telah didownload, animasi dapat langsung dijalankan. Jika dibutuhkan data yang belum didownload, maka animasi akan terhenti sementara. Biasanya para flasher membuatkan loop singkat di awal animasi Flash yang berisi semacam progress bar atau suguhan awal, agar pengunjung situs tidak bosan menunggu sampai seluruh file animasi terdownload. Kemampuan streaming ini merupakan salah satu alasan mengapa Flash lebih disukai ketimbang Director—meski kini Director pun memiliki kemampuan streaming. Flash memberikan kepuasan instan dengan langsung menampilkan sesuatu ketimbang harus menongkrongi layar hitam sambil menunggu keseluruhan animasi Director didownload. Ditambah lagi bandwidth di Web yang sempit membuat orang amat menghargai kemampuan streaming ini.
Jika Anda ingin membuat animasi Flash, tidak perlu takut sebagian orang tidak bisa menikmatinya. Menurut klaim Macromedia, penetrasi plugin Flash telah mencapai 96%. Artinya, sekitar 96 dari 100 instalasi browser yang ada sudah mampu menayangkan animasi Flash. Rata-rata orang bisa mengabaikan yang 4%. Karena itu Macromedia dengan bangga menjuluki player Flash “the most widely distributed player in the world”. Tidak terlalu berlebihan rasanya, mengingat applet Java atau plugin lain manapun tidak ada yang mendekati angka ini. Kenyataan prestasi ini ditunjang oleh beberapa faktor. Yang pertama ialah karena animasi Flash ramping sehingga banyak dipakai orang. Kedua, lewat serangkaian kesepakatan, Macromedia berhasil membujuk vendor-vendor browser utama untuk memasukkan plugin Flash secara default. Juni 1998 dengan Netscape, sehingga player Flash dibundel bersama Navigator. Animasi Flash juga mulai muncul di situs NetCenter. Juli 1998, plugin Shockwave dan Flash dibundel di Windows 98. Bulan Septembernya, AOL membundel player Flash 4.0 di CDROM mereka. Maret 1999 angka penetrasi mencapai 77%, melampaui Java (62%). Di bulan yang sama, Internet Explorer 5 membundel player Flash. Ini prestasi besar buat Macromedia, karena seperti kita ketahui, MSIE 5 akhirnya menjadi browser paling dominan hingga saat ini.
Saingan-Saingan Flash
Tentu saja Flash bukan satu-satunya teknologi animasi Web yang ada. Macromedia Flash sendiri bukan satu-satunya tool authoring yang dipakai orang. Selain applet Java, dikenal juga Microsoft Liquid Motion, Adobe LiveMotion, dan Corel Rave. Namun nampaknya belum ada yang berhasil meruntuhkan kejayaan Macromedia Flash.
Liquid Motion (LQ) adalah produk Microsoft yang baru mulai dirilis pertengahan tahun 1998 dan tidak lagi diteruskan awal 2000 tanpa alasan jelas. Barangkali Microsoft cukup cepat menyadari produknya tidak akan menjadi pemain dominan di gelanggang animasi vektor Web, karena itu segera berhenti mendukungnya. Lagipula Microsoft semakin lama semakin berkiblat pada DHTML dan teknologi berbasis IE-nya. LQ pada dasarnya sebuah program pembuat animasi berbasis sprite dan even pula, sama seperti halnya Flash atau Director. Namun LQ berbasis Java. Ini membuatnya berjalan lebih tak efisien. Di samping itu, animasi LQ membutuhkan Javascript bahkan fitur-fitur tertentu seperti bentuk 3D atau filter dan transisi mensyaratkan IE 4.0. Kabarnya LQ pun bermasalah dengan Netscape. Ini amat membatasi cakupan pemirsa. Ingin melihat aksi LQ? Cobalah mengunjungi www.callihan.com/liquidmotion/. LQ tidak memiliki fitur antialiasing. Produk ini tidak pernah melejit. Sayang juga sebetulnya, karena kabarnya sederhana dan lebih mudah digunakan daripada Flash.
LiveMotion (LM) adalah produk Adobe yang kompatibel dengan Macromedia Flash, dalam arti dapat mengimpor dan menghasilkan format .swf Flash pula. Tujuannya adalah menawarkan alternatif yang lebih mudah untuk authoring animasi. Seperti kita ketahui, interface di Flash 5 sudah cukup rumit; butuh waktu beberapa hari sebelum seorang desainer cukup nyaman bekerja dengan Flash. Di LM, selain timeline global, sebuah objek juga dapat memiliki timeline/behaviour-nya sendiri. Jadi membuat bola yang memantul-mantul, atau teks yang bergerak ke sana kemari, lebih mudah dilakukan di LiveMotion.
Kemudahan ini tentunya harus dibayar dengan keterbatasan kemampuan. Flash dengan ActionScript-nya jauh mengungguli LM. Begitu harus membuat animasi dan interaksi yang rumit, di LM Anda akan mentok. Dan ini menghadirkan dilema tersendiri bagi desainer yang harus memilih antara kedua produk, karena harganya sama-sama “murah” (baca: untuk kantong luar tentunya). Flash sendiri bukan dipasarkan sebagai solusi high-end; Macromedia menempatkan Director di posisi itu. Dan sebagian besar desainer akhirnya memilih Macromedia Flash karena perbedaan harga yang tidak terlampau mencolok sementara kemampuan dan derajat kustomisasi yang ditawarkan Flash 5 jauh lebih banyak.
RAVE lebih-lebih tidak memiliki posisi yang menarik. Dibandingkan Flash dan LiveMotion, RAVE jauh lebih tidak populer. RAVE dibuat Corel dan mulai disertakan di versi 10 untuk menjadi alternatif entry-level bagi Macromedia Flash dalam membuat animasi vektor dan GIF secara lebih mudah. Interfacenya mirip CorelDRAW, namun memiliki interface timeline sebagaimana halnya sebuah program animasi. Sayangnya, meski lebih mudah digunakan ketimbang Flash, kemampuan program ini amat terbatas. Action yang tersedia hanya Open URL dan Play Sound. Kita tidak bisa berpindah frame misalnya, atau memuat movie lain, apalagi melakukan skripting. Juga, file .swf yang dihasilkan RAVE ternyata jauh lebih besar, karena RAVE tidak memanfaatkan simbol. Untuk memperkecilnya, biasanya Anda harus memuat file keluaran ke Flash lalu mengekspor ulang ke .swf.
.
Flash dan Director
Sebelum membeli dan mengembangkan Flash, Macromedia telah memiliki produk authoring multimedia yang menjadi raja di kelasnya, yaitu Director. Director dipakai orang untuk membuat game atau presentasi offline seperti CD, information kiosk, iklan TV, dsb. Director adalah sebuah produk matang yang memiliki fitur lengkap, mendukung banyak format media, serta memiliki bahasa skripting yang disebut Lingo.
Seiring perkembangan zaman, Director pun diperlengkapi dengan kemampuan networking dan Internet. Macromedia pada mulanya menciptakan beberapa plugin browser untuk program-programnya—termasuk Director dan FreeHand—yang diberi nama Shockwave, meski pada akhirnya hanya plugin untuk Shockwave yang masih dikembangkan, dan nama Shockwave kini merujuk pada plugin browser untuk menampilkan animasi Director.
Director dan Flash adalah bagai perbandingan Perl dan PHP. Yang pertama sudah lebih matang dan lebih powerful, namun yang kedua lebih efisien, ramping, dan dibuat dari awal khusus untuk Web. Dan yang kedualah yang kini meraih popularitas lebih cepat. Flash dapat disebut versi minimal dari Director. Interface keduanya berbeda; Director telah mapan, sementara interface Flash masih berubah-ubah, misalnya dari Flash 4 ke 5.
Dari segi kemampuan, sebetulnya Director dan Shockwave jauh lebih unggul. Director dapat menangani sekitar 40 format, sementara Flash jauh lebih sedikit. Interaktivitas yang dimungkinkan melalui Shockwave dan Lingo lebih kaya daripada Flash, sehingga Director lebih cocok untuk mengembangkan game-game yang rumit. Fitur 3D, penanganan bitmap, dan pengeditan suara Director pun jauh di atas Flash. Sebuah animasi Shockwave dapat memainkan animasi Flash di dalamnya, namun tidak berlaku sebaliknya. Tapi di luar keterbatasan Flash, plugin Flash berukuran jauh lebih kecil dan terdapat di jauh lebih banyak browser. Flash memang pada mulanya ditujukan untuk animasi vektor dan bersifat ramping, efisien, dan streaming. Animasi Flash lebih ramah bandwidth dibandingkan Shockwave.Format file .swf sudah dibuka untuk umum, tapi format Shockwave tetap proprietary.Karena merupakan produk yang lebih high-end dan berfitur lebih kaya, Director dipasang dengan bandrol harga jauh lebih tinggi daripada Flash. Mempelajari Director pun lebih lama daripada Flash.
Daftar Pustaka
  • Wikipedia . 25 Februari 2010.
  • www.total.or.id . 25 Februari 2010
  • er.wikipedia.org/wiki/adobe_flash

0 komentar:

Posting Komentar