Sabtu, 09 April 2011

Asal mula gitar Gibson


Orville Gibson (lahir 1856, Chateaugay, New York) mulai membuat mandolin di Kalamazoo, Michigan, Amerika Serikat. Muak dari bentuk, Orville Gibson menganggap mereka sebagai "bug potato".Gibson inovasi membuat khas, yang terdengar lebih gelap mandolin yang lebih mudah untuk memproduksi dalam jumlah besar. Orville Gibson's mandolin desain, dengan satu sisi yang diukir pieced dan satu-pieced leher, dipatenkan pada 1898; itu akan menjadi satu-satunya inovasi yang dipatenkan. Orville Gibson meninggal pada tahun 1918

1902-1950
Pada tahun 1902, Gibson Mandolin-Guitar Mfg Co, Ltd didirikan untuk memasarkan instrumen.Awalnya, perusahaan hanya memproduksi Orville Gibson desain aslinya. Menyadari perubahan tren, perusahaan mempekerjakan desainer Lloyd Loar pada 1919 untuk menciptakan instrumen baru. Selama tahun 1920-an Gibson bertanggung jawab atas banyak inovasi dalam desain gitar dan mandolin.


Pada tahun 1922, Gibson model mandolin F5 diperkenalkan. Model khusus yang kemudian dikenal sebagai yang paling bluegrass mandolin. Gibson segera menjadi produsen terkemuka archtop gitar, terutama model L-5, juga desain Loar. Loar meninggalkan perusahaan pada tahun 1924.

Pada tahun 1930, Gibson mulai mengeksplorasi konsep gitar listrik. Pada tahun 1936 mereka memperkenalkan pertama mereka "Electric Spanish" model, ES-150. Perusahaan lain yang memproduksi gitar listrik tapi Gibson umumnya diakui sebagai yang pertama yang sukses secara komersial gitar listrik. Instrumen lain juga; seperti steel guitar, banjo dan mandolin.

0 komentar:

Poskan Komentar