Minggu, 07 Agustus 2011

Irama dan Melodi

Irama
      Irama merupakan gerak music yang berjalan secara teratur yang tidak tampak pada lagu, tetapi dapat dirasakan sesudah lagu dialunkan. Irama itu mempunyai hubungan erat dengan panjang pendek not dan berat ringannya tekanan pada not. Dalam membaca tanda diam sama pentingnya membaca not. Irama itu memiliki pola yang bermacam-macam yaitu pola irama rata,pola irama sincope, pola suku bangsa, pola Istinato, poliritmik, dan polimerik. Di dalam Irama terdapat birama yang memiliki arti ketukan atau tekanan yang datang berulang-ulang dengan teratur dalam waktu yang sama.

      Pola irama merupakan sekelompok bunyi dengan susunan irama tertentu dalam satu atau beberapa birama yang muncul secara berulang-ulang dan teratur dalam sebuah lagu. Jenis birma itu ada bermacam- macam jenis birama yaitu binair dan ternair (tunggal dan susun) dan gantung. Selain birama dalam irama juga ada membirama adalah ketrampilan-ketrampilan yang berwujud polo-pola isyarat dengan menggunakan gerakan tangan dalam memimpin sajian music secara bersama-sama misalnya pada suatu padauan suara. Di dalam irama juga terdapt membirama yang berarti memimpin atau memberikan aba-aba kepada segenap atau sekumpulan orang untuk menyanyi bersama. Gerakan membirama berupa gerak ke atas, ke bawah dan ke samping (vertical dan horizontal). Gerakan dapat dilakukan dengan tangan atau bantuan tongkat. Dengan adanya birama dan membirama dalam irama maka akan terdengar alunan lagu yang indah dan merdu.

Melodi
      Melodi dalam musik merupakan unsur pokok musik yang menjadi pusat perhatian bagi seorang penggemar music. Melodi merupakan unsur kedua setelah irama, tetapi melodi juga dapat menjadi unsure pertama jika pendekatan dalam penyajiann atau menciptakan music berawal dari senandung awal coba-coba, nah baru di lengkapi irama dan harmoni.Melodi dapat diartikan sebagai susunan rangkaian nada atau bunyi dengan getaran teratur yang terdengar berurutan serta berirama dan memgungkapkan suatu gagasan. Para seniman music sangat bervariasi ada yang melalui pembuatan pola-pola irama yang terlebih dahulu, pola melodi serta mengkombinasikan unsure music secara bersama yang tergantung dari tingkat pengetahuan, apresiasi, ketrampilan dan kreativitas. Dalam irama bunyi yang ditibulkan suatu benda akan bergetar yang didengarkan oleh manusibaik bunyi yang lambat maupun cepat.Bunyi dibedakan menjadi dua yaitu, gaduh dan nada, gaduh adalah bunyi yang tidak teratur karena selalu berubah-ubah sedangkan nada itu sendiri adalah bunyi teratur getarannya baik lama maupun kecepatan getarannya. Penulisan nada dapat dilakukan beberapa bentuk dengan memperhatikan tinggi nada, mengukur tinggi nada yang meliputi garpu tala dan stemfluit

      Notasi huruf merupakan notasi yang ditulis dengan huruf yang ditulis dengan huruf c d e f g a b di tambah 0 (nol) sebagai tanda diam. Urutan c sampai bdinamakan tangga nada yang terdiri dari tujuhnada disebut oktaf sedangkan notasi angka 1 2 3 4 5 6 7 . Notasi music ditulis pada lima garis paranada. Penulisan notasi music harus di perhatikan tinggi dan panjang nada, arah tiang bendera, garis nilai, perpanjangan titi nada. Tangga nada yaitu susunan nada-nada yang memiliki jarak tertentu. Macam tangga nada adalah diatonic atau mayor dan minor yang asli, harmonis, melodis dan zigana. Yang kedua yaitu Kromatis, debusy yang berjarak satu nada, pentatonis, dan pelog dan slendro. Kunci yang umum digunakan ialah kunci G untuk boila, F untuk bebas, dan C untuk alto. Kunci digunakan untuk menunjukkan letak nada. Tanda kromatik meliputi kuis #, mol b, dan pugar.

      Interval merupakan jarak antara satu nada ke nada lain, ke atas dank e bawah menurut tingkat derajatnya. Interval dihitung dari nada asal ke nada selang, interval tidak dihitung jaraknya terlebih dahulu tetapi nada asal ke nada selang. Dalam interval memiliki sifat-sifat tertentu yang bermanfaat untuk menyusu panduan nada yang harmonnis. Penyusunan tangga nada berkruis dilakukan dengan interval kwint sedangkan tangga nada bermol dengan kwint bawah atau kwart. Tangga nada berkruis dan bermol terdapat pada nada mayor dan minor.

0 komentar:

Poskan Komentar